-->

Perbedaan RPM dan CPM di Adsense

Di situ saya menjelaskan beberapa istilah periklanan yang sering digunakan, seperti CPC, CTR dan sebagainya.
Namun, beberapa kali saya ditanya tentang istilah lainnya yang belum saya jelaskan dalam artikel itu, yaitu istilah RPM. Bahkan lebih jauh, apa bedanya dengan CPM?

Lalu apa perbedaan antara CPM dan RPM? 

CPM (cost per mille) atau biaya per seribu, merujuk kepada berapa jumlah uang yang dibayar oleh pengiklan (advertiser)

RPM (revenue per mille) atau pendapatan per seribu merujuk pada seberapa besar uang yang dibayarkan kepada penayang (publisher).

Contohnya :
  • Seorang pengiklan bersedia membayar CPM sebesar $10, dan ingin menampilkan iklan mereka sebanyak 100.000 penayangan. Sehingga total yang ia bayar sebesar $1.000.
  • Seorang penayang menghasilkan RPM sebesar $10, dan berhasil menampilkan iklan sebanyak 100.000 penayangan. Sehingga total yang ia terima sebesar $1.000.
Jadi totalnya akan sama, antara yang dikeluarkan oleh pengiklan dan yang didapatkan oleh penayang.

Meskipun demikian, akan selalu ada perbedaan antara nilai CPM dan RPM. Ini terjadi karena 2 hal utama:
  •  Publisher memperoleh fill rate kurang dari 100%. Misalnya, sejumlah page-view sama sekali tidak menampilkan iklan, dengan begitu maka RPM efektifnya menjadi $0.
  • Ads-Network mengambil bagian sejumlah tertentu dari nilai yang dibayarkan. Seperti misalnya bagi hasil antara publisher dan ads-network.
Dalam contoh di atas, anggap saja pengiklan membelanjakan $1.000 untuk mendapatkan 100.000 impresi, dengan begitu nilai RPM mereka saat ini adalah $10.
Penayang, kemudian berhasil memberikan 200.000 page-views. Namun, hanya setengahnya yang berhasil menampilkan iklan, yang setengahnya lagi tidak menampilkan iklan atau dikatakan fill rate-nya hanya 50% (suplai lebih besar permintaan, skenario ini sebenarnya sangat jarang terjadi, karena Adsense  memiliki ketersediaan iklan yang tinggi).

Kemudian terakhir, pembagian antara penayang dan ads-network, anggap saja sebesar 50%.
Hasil akhirnya publisher hanya memperoleh $5.000 untuk pageviews sebanyak 200.000, atau dengan kata lain eRPM (effective RPM) hanya sebesar $2,5. Jelas ini jauh lebih kecil dari CPM pengiklan yang sebesar $10.

Itulah Perbedaan RPM dan CPM di Adsense, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.
terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan RPM dan CPM di Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel