-->

Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ala Seorang Blogger

Artikel blog adalah menu utama, yang harus dipikirkan terlebih dahulu melebihi yang lainnya. Percuma anda punya berbagai macam trik SEO yang telah dan siap diluncurkan, namun blog anda tidak memiliki artikel memadai untuk melakukan eksekusi SEO tersebut. 
Selain itu, kekayaan keyword natural sebenarnya tidak terletak pada meta deskripsi, title, dan bagian-bagian yang dipaksakan untuk memperbanyak keyword, karena itu justru bisa melukai SEO blog. Kekayaan keyword natural justru didapat dari berbagai kombinasi konten artikel; semakin artikel bagus, berkualitas, banyak dan memperhatikan aspek-aspek penting SEO, semakin kaya variasi keyword natural sebuah blog.
  Seorang penulis artikel bisa saja membuat artikel yang demikian panjang dengan isi yang sangat jelas, lugas, menyentuh, kreatif, deskriptif, informatif, solutif, analogis, metaforis, mendayu-dayu dan seterusnya. Tapi belum tentu dia bisa menulis artikel blog. Why? Karena ada satu poin yang belum disentuh: sisi SEO artikel. Inilah yang membedakan anda, saya sebagai penulis blog (blogger) dan penulis media lainnya. 
Artikel blog tentu saja harus tetap memberikan perhatian penuh pada pembaca, memberikan solusi, menghibur, informatif, dan memegang teguh prinsip-prinsip kepenulisan, tapi tidak bisa lepas dari konteks SEO, dimana kita memperjuangkan artikel berkualitas yang ditulis agar bisa muncul dengan baik di SERP, sehingga tidak sia-sia.
Berikut beberapa tips dalam proses penulisan artikel Blog yang memperhatikan aspek-aspek SEO



A. Hal-hal yang perlu Dilakukan Sebelum Posting/ Menulis Artikel Blog

Pada tahap ini, jangan membuka peralatan apapun untuk menulis, jangan buka MS word, notepad, atau post editor di  dashboard. Ada saatnya, tapi bukan sekarang.
1. Memilih topik yang tepat
Memilih topik post adalah salah satu aspek penting yang tidak bisa disepelekan. Ini garis besarnya: jika anda menginginkan topik yang paling banyak dicari, maka anda harus menentukan topik yang diinginkan pembaca. Ini bukan berarti anda lepas dari niche atau bidang kepenulisan yang anda sukai, tapi topik yang dipilih (setidaknya untuk saat ini) memiliki nilai atau value untuk pembaca yang menginginkannya. 
Akan lebih hebat lagi jika topik yang dipilih bisa bertahan lama dan bahkan merupakan "topik abadi". Syarat utamanya adalah artikel tersebut harus unik dan original. Sehingga pembaca hanya akan, setidaknya dalam waktu tertentu, mendapati pembahasan atau solusi pada topik tersebut hanya dalam artikel anda. Meskipun topik yang anda pilih sama dengan beberapa artikel blog lain, anda harus menentukan bahwa apa yang ada di dalam artikel anda berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang disebut unik dan original. You have something to offer that others don't, anda punya sesuatu untuk diberikan dimana yang lain tidak memilikinya.

2. Melakukan analisis kompetisi
Selalu perhatikan apa yang dilakukan blog kompetitor, yaitu blog yang memiliki niche, topik, atau ruang tema sejenis dengan blog anda; termasuk di antaranya adalah: strategi artikel yang mereka gunakan, artikel apa yang mereka tulis dan post, bagaimana peringkat SERP artikel-artikelnya, dan lain sebagainya. Jadikan poin-poin tersebut sebagai petunjuk. 
Yang saya maksud dengan "petunjuk" bukan berarti meniru atau bahkan copas artikel mereka. Menjadikan sebagai petunjuk berarti mencari celah apa saja yang belum diisi, mencontoh strategi penulisan agar bagus di SERP, dan melihat peluang-peluang emas yang belum diambil oleh blog-blog kompetitor. Kesalahan terbesar blog-blog yang cuma menjadi "pengikut tanpa arah" adalah mereka melihat suatu artikel bagus kemudian copas habis-habisan isinya, sedkit modifikasi, lalu menerbitkannya seketika; tidak jarang dalam waktu yang hampir bersamaan setelah artikel asli diterbitkan. Ini yang membuat search engine segera curiga, penulis artikel asli curiga, dan akhirnya tidak hanya SEO-nya saja yang jelek, tapi juga predikat blog tersebut di mata blogger lain. Apalagi saat ini algoritma spam Blogger mulai mentarget blog-blog copas secara bertahap, tanpa laporan DMCA (contoh: terselubung, jiplakers). Makin runyam.
3. Melakukan cek dan prediksi trend
Trend berkaitan dengan apa yang sedang hangat diperbincangkan, dicari, menjadi fokus perhatian, atau hal yang menjadi topik tak terpisahkan dari kehidupan (biasa saya sebut sebagai trend abadi). Pastikan anda selalu mengikuti berbagai trend yang sedang terjadi, menjadi perbincangan banyak orang, dan paling banyak disebutkan. Selalu libatkan diri anda dalam berbagai social media, forum, dan lain-lain. Membuat artikel/post yang sesuai dengan trend tidak hanya akan membawa banyak pengunjung dan pembaca, tapi juga akan menunjukkan pada search engine bahwa blog anda benar-benar dinamis dan menyediakan konten yang selalu segar dan baru kepada pembaca. 
Prediksi berkaitan dengan analisa terhadap trend apa yang akan segera terjadi dalam waktu terdekat. Kemampuan melakukan prediksi ini tentu berkaitan dengan kedekatan anda dengan berbagai media serta trend yang terjadi saat ini, sebab trend sekarang menunjukkan apa yang segera menjadi trend di waktu mendatang. Sebagai contoh, saat trend Korea (korean wave) mulai tercium baunya sejak medio 2010, saya telah menulis beberapa artikel untuk klien beberapa waktu sebelumnya. Bisa ditebak, pada saat trend ini booming, artikel-artikel tersebut sudah berada di ranking atas SE karena sebelumnya telah mendapatkan optimasi dan selangkah lebih maju dari-dari artikel-artikel sejenis setelahnya.
4. Menentukan kelayakan artikel: memperhatikan pengunjung dan SEO
Pada akhirnya, strategi ini melibatkan dua fokus: kebutuhan pengunjung dan kebutuhan SEO (dalam hal ini search engine). Keduanya bersifat sinergis, sebab apa yang biasanya bermanfaat dan menjawab kebutuhan pengunjung adalah apa yang dibutuhkan oleh search engine. Apakah artikel yang akan anda tulis memiliki kriteria untuk keduanya? Termasuk di antaranya adalah: trend dan keyword. Sah-sah saja sebenarnya menulis artikel blog apapun, termasuk "kegiatan saya sebelum mandi pagi" atau "nama-nama kucing saya", tapi apakah itu penting untuk menjawab kebutuhan pengunjung umum, dan apakah keyword tersebut bisa menjadi keyword penting di search engine? You have to think about it in the first place. Jika layak, lanjutkan. Jika tidak, terserah anda...
Note: Ingat, topik yang sedang kita bicarakan adalah Artikel SEO Friendly, bukan artikel diari atau curhat. :)
5. Analisis Keyword
Jadi anda akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah artikel blog. Tapi, stop! Tunggu dulu. Anda harus memikirkan kata-kata penting (baca: keyword) yang harus anda gunakan. Analisis keyword melatih kemampuan anda menggunakan dan mengolah kata-kata dan rangkaian kata "yang paling dicari" oleh pengunjung di search engine. Ada berbagai macam strategi dan alat untuk melakukan analisis keyword. Anda bisa memulai dengan analisis keyword sederhana ini. Menentukan keyword secara efektif akan membuat artikel yang ditulis tidak sia-sia dan kandas di persaingan SERP dan menghindarkan artikel dari pembanjiran keyword yang merusak artikel serta melukai SEO blog yang sudah anda bangun (penalti/banned).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ala Seorang Blogger "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel