-->

Memahami Klik Invalid / Tidak Sah di Adsense

Google Adsense adalah media periklanan terbesar dan populer sampai saat ini, google Adsense sendiri menggunakan metode Pay Per Click (CPC) yaitu kamu hanya akan mendapatkan komisi jika terjadi klik pada unit iklan yang ada di blog atau website kamu.
Walaupun metode tersebut sangat sederhana dan itu sangatlah mudah untuk kita kelabuhi, ternyata disisi lain google juga menyertakan teknologi sangat canggih untuk merekam dan menganalisa segala aktifitas dari setiap klik yang didapatkan.
 

Kenapa demikian? google menerpkan kebijakan tersebut dengan tujuan melindungi para advertiser atau lebih gampangnya menghindari si pemasang iklan mengalami kerugian karena adanya aktifitas tersebut yang disebut invalid activity.


1. Klik tidak sah (invalid click)

Yang dimaksud dengan klik tidak sah adalah semua klik yang tidak akan dibayar oleh Adsense, karena dianggap merugikan pihak pengiklan. Klik yang ‘dibuat-buat’. Klik yang tidak alami.

 masih banyak yang menyamakan arti bahwa klik tidak sah = klik iklan sendiri. Ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Di bawah nanti Anda akan menemukan penjelasannya. Intinya: klik tidak sah, adalah semua klik yang ‘merugikan pengiklan dan pada saat yang sama menguntungkan penayang’ tanpa membedakan dari mana klik itu berasal.

2. Nilai klik dominan dari Sosial media.

Yup, seperti yang kita tahu, sosial media menjadi primadona dan favorit bagi para pemblogger untuk mendatangkan banyak pengunjung, tapi harus digaris bawahi bahwa google sangat menyukai pengunjung organik dan biasanya pengunjung organik itulah yang dapat mempengaruhi nilai dari CPC yang semakin besar pula.
Namu, jika klik iklan itu kebanyakan dari pengunjung non organik, salah satunya dari sosial media, maka CPC juga akan jadi kecil dan jika dominasi klik banyak dilakukan oleh pengunjung organik dan terjadi bomklik akun anda juga bakal terkena banned.

 3. Pelanggaran klik (fraud click)

Nah, ini yang tidak boleh! Pelanggaran klik adalah setiap klik yang dihasilkan dengan ‘niat jahat’ dan penipuan. Ini memang bagian dari klik tidak sah, tapi tidak setiap klik tidak sah adalah pelanggaran klik. Bagaimana? Sampai di sini saya harap Anda sudah memahami perbedaannya.
Adapun kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran klik, di antaranya:
  • Penayang Adsense mengklik iklannya sendiri.
  • Teman atau keluarga atau siapapun mengklik iklan atas permintaan dan atau dengan tujuan keuntungan untuk penayang.
  • Program yang memberikan insentif kepada pengunjung, seperti paid to click (PTC) dan click exchanges (pertukaran klik).
  • Program klik otomatis, penggunaan robot dan program sejenis itu.
4. Bomklik, nilai CTR yang terlalu tinggi

Bom klik adalah jumlah klik yang terjadi jika nilai klik yang anda dapatkan melebihi jumlah pageview blog atau website anda. Dan jika bom klik itu terjadi pihak google adsense akan menjalankan teknik smart pricing, yaitu dengan terus memperkecil nilai dari ikaln tersebut untuk mengurangi kerugian pada advertiser mereka. 
Bagaimana mengetahui jika terjadinya bomklik?
Bom klik dapat kita ketahui dari presentase nilai CTR akun adsense kita, nilai CTR berbanding dengan jumlah klik dengan jumlah pageview

5. Jumlah klik banyak, namun nilai CPC nol.

Jumlah klik memang banyak, tapi jika kita melihat nilai dari CPC kok nol dollar, bisa saja pihak google adsense mendeteksi tindakan yang tidak sah pada setiap klik yang terjadi pada akun kita.

Itulah cara agar kita memahami apa saja yang tidak boleh di langgar oleh pihak adsense, 
semoga bermanfaat untuk teman-teman semua
terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memahami Klik Invalid / Tidak Sah di Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel