Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ala Seorang Blogger
Artikel blog adalah menu utama,
yang harus dipikirkan terlebih dahulu melebihi yang lainnya. Percuma
anda punya berbagai macam trik SEO yang telah dan siap diluncurkan,
namun blog anda tidak memiliki artikel memadai untuk melakukan eksekusi
SEO tersebut.
1. Memilih topik yang tepat
Selain itu, kekayaan keyword natural sebenarnya tidak terletak pada meta
deskripsi, title, dan bagian-bagian yang dipaksakan untuk memperbanyak
keyword, karena itu justru bisa melukai SEO blog.
Kekayaan keyword natural justru didapat dari berbagai kombinasi konten
artikel; semakin artikel bagus, berkualitas, banyak dan memperhatikan
aspek-aspek penting SEO, semakin kaya variasi keyword natural sebuah
blog.
Seorang penulis artikel bisa saja membuat artikel yang demikian panjang
dengan isi yang sangat jelas, lugas, menyentuh, kreatif, deskriptif,
informatif, solutif, analogis, metaforis, mendayu-dayu dan seterusnya.
Tapi belum tentu dia bisa menulis artikel blog. Why? Karena ada satu poin yang belum disentuh: sisi SEO artikel. Inilah yang membedakan anda, saya sebagai penulis blog (blogger) dan penulis media lainnya.
Artikel blog tentu saja harus tetap memberikan perhatian penuh pada pembaca, memberikan solusi, menghibur, informatif, dan memegang teguh prinsip-prinsip kepenulisan, tapi tidak bisa lepas dari konteks SEO, dimana kita memperjuangkan artikel berkualitas yang ditulis agar bisa muncul dengan baik di SERP, sehingga tidak sia-sia.Berikut beberapa tips dalam proses penulisan artikel Blog yang memperhatikan aspek-aspek SEO
Baca Juga
A. Hal-hal yang perlu Dilakukan Sebelum Posting/ Menulis Artikel Blog
Pada tahap ini, jangan membuka peralatan apapun untuk menulis, jangan
buka MS word, notepad, atau post editor di dashboard. Ada saatnya, tapi
bukan sekarang.
Memilih topik post adalah salah satu aspek penting yang tidak bisa
disepelekan. Ini garis besarnya: jika anda menginginkan topik yang
paling banyak dicari, maka anda harus menentukan topik yang diinginkan
pembaca. Ini bukan berarti anda lepas dari niche atau bidang kepenulisan
yang anda sukai, tapi topik yang dipilih (setidaknya untuk saat ini)
memiliki nilai atau value untuk pembaca yang menginginkannya.
Akan lebih hebat lagi jika topik yang dipilih bisa bertahan lama
dan bahkan merupakan "topik abadi". Syarat utamanya adalah artikel
tersebut harus unik dan original. Sehingga pembaca hanya akan,
setidaknya dalam waktu tertentu, mendapati pembahasan atau solusi pada
topik tersebut hanya dalam artikel anda. Meskipun topik yang anda pilih
sama dengan beberapa artikel blog lain, anda harus menentukan bahwa apa
yang ada di dalam artikel anda berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang
disebut unik dan original. You have something to offer that others don't, anda punya sesuatu untuk diberikan dimana yang lain tidak memilikinya.
2. Melakukan analisis kompetisi
Selalu perhatikan apa yang dilakukan blog kompetitor, yaitu blog yang
memiliki niche, topik, atau ruang tema sejenis dengan blog anda;
termasuk di antaranya adalah: strategi artikel yang mereka gunakan,
artikel apa yang mereka tulis dan post, bagaimana peringkat SERP
artikel-artikelnya, dan lain sebagainya. Jadikan poin-poin tersebut
sebagai petunjuk.
Yang saya maksud dengan "petunjuk" bukan berarti meniru atau bahkan
copas artikel mereka. Menjadikan sebagai petunjuk berarti mencari celah
apa saja yang belum diisi, mencontoh strategi penulisan agar bagus di
SERP, dan melihat peluang-peluang emas yang belum diambil oleh blog-blog
kompetitor. Kesalahan terbesar blog-blog yang cuma menjadi "pengikut
tanpa arah" adalah mereka melihat suatu artikel bagus kemudian copas
habis-habisan isinya, sedkit modifikasi, lalu menerbitkannya seketika;
tidak jarang dalam waktu yang hampir bersamaan setelah artikel asli
diterbitkan. Ini yang membuat search engine segera curiga, penulis
artikel asli curiga, dan akhirnya tidak hanya SEO-nya saja yang jelek,
tapi juga predikat blog tersebut di mata blogger lain. Apalagi saat ini algoritma spam Blogger mulai mentarget blog-blog copas secara bertahap, tanpa laporan DMCA (contoh: terselubung, jiplakers). Makin runyam.
3. Melakukan cek dan prediksi trend
Trend berkaitan dengan apa yang sedang hangat diperbincangkan, dicari,
menjadi fokus perhatian, atau hal yang menjadi topik tak terpisahkan
dari kehidupan (biasa saya sebut sebagai trend abadi). Pastikan
anda selalu mengikuti berbagai trend yang sedang terjadi, menjadi
perbincangan banyak orang, dan paling banyak disebutkan. Selalu libatkan
diri anda dalam berbagai social media, forum, dan lain-lain. Membuat
artikel/post yang sesuai dengan trend tidak hanya akan membawa banyak
pengunjung dan pembaca, tapi juga akan menunjukkan pada search engine
bahwa blog anda benar-benar dinamis dan menyediakan konten yang selalu
segar dan baru kepada pembaca.
Prediksi berkaitan dengan analisa terhadap trend apa yang akan segera
terjadi dalam waktu terdekat. Kemampuan melakukan prediksi ini tentu
berkaitan dengan kedekatan anda dengan berbagai media serta trend yang
terjadi saat ini, sebab trend sekarang menunjukkan apa yang segera
menjadi trend di waktu mendatang. Sebagai contoh, saat trend Korea (korean wave)
mulai tercium baunya sejak medio 2010, saya telah menulis beberapa
artikel untuk klien beberapa waktu sebelumnya. Bisa ditebak, pada saat
trend ini booming, artikel-artikel tersebut sudah berada di
ranking atas SE karena sebelumnya telah mendapatkan optimasi dan
selangkah lebih maju dari-dari artikel-artikel sejenis setelahnya.
4. Menentukan kelayakan artikel: memperhatikan pengunjung dan SEO
Pada akhirnya, strategi ini melibatkan dua fokus: kebutuhan pengunjung dan kebutuhan SEO (dalam hal ini search engine).
Keduanya bersifat sinergis, sebab apa yang biasanya bermanfaat dan
menjawab kebutuhan pengunjung adalah apa yang dibutuhkan oleh search
engine. Apakah artikel yang akan anda tulis memiliki kriteria untuk
keduanya? Termasuk di antaranya adalah: trend dan keyword. Sah-sah saja
sebenarnya menulis artikel blog apapun, termasuk "kegiatan saya sebelum mandi pagi" atau "nama-nama kucing saya",
tapi apakah itu penting untuk menjawab kebutuhan pengunjung umum, dan
apakah keyword tersebut bisa menjadi keyword penting di search engine? You have to think about it in the first place. Jika layak, lanjutkan. Jika tidak, terserah anda...
Note: Ingat, topik yang sedang kita bicarakan adalah Artikel SEO Friendly, bukan artikel diari atau curhat. :)
5. Analisis Keyword
Jadi anda akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah artikel blog. Tapi,
stop! Tunggu dulu. Anda harus memikirkan kata-kata penting (baca:
keyword) yang harus anda gunakan. Analisis keyword melatih kemampuan
anda menggunakan dan mengolah kata-kata dan rangkaian kata "yang paling
dicari" oleh pengunjung di search engine. Ada berbagai macam strategi
dan alat untuk melakukan analisis keyword. Anda bisa memulai dengan analisis keyword sederhana ini.
Menentukan keyword secara efektif akan membuat artikel yang ditulis
tidak sia-sia dan kandas di persaingan SERP dan menghindarkan artikel
dari pembanjiran keyword yang merusak artikel serta melukai SEO blog
yang sudah anda bangun (penalti/banned).
0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly Ala Seorang Blogger "
Post a Comment