Mengenal Istilah Dalam Laporan Penghasilan Google Adsense
Ketika kita berinteraksi dengan google adsense
kita akan mengenal beberapa istilah yang sering kita jumpai ketika
memantau perkembangan pendapatan adsense yang kita miliki, sebenarnya istilah-istilah dibawah tersebut adalah informasi analisa yang di berikan
oleh google adsense untuk para publishernya, menanyangkut data yang
berkaitan dengan penghasilan adsense yang mereka dapatkan.
Berikut adalah istilah-istilah yang harus kita ketahui di adsense:
1. Tampilan Laman / Impresion
Tampilan laman adalah tampilan
dimana google menghitung jumlah tampilan laman yang dilihat oleh
pengguna/pengunjung, Laman yang dihitung google adalah laman yang
menampilkan iklan, terlepas dari berapa jumlah iklan yang terpasang,
(misalkan, kita memasang iklan diberanda 3 unit iklan, dan pengguna
mengunjunginya 1 kali, maka Google menghitungnya 1 kali, meskipun jumlah
iklan yang tampil 3 iklan.
2. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.
3. Klik / Click
Klik adalah Jumlah banyaknya pengunjung melakukan
klik pada tautan iklan yang tampil di laman, meskipun situs kita
dikunjungi oleh 500 pengunjung, dan yang melakukan klik iklan hanyalah 2
orang, maka Google menghitung 2 kali klik, untuk menaikkan jumlah klik,
maka buatlah artikel yang original dan fokus membahas suatu topik, agar
iklan yang meuncul lebih relevan dengan isi konten.
4. CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.
5. PPS Laman / RPM
PPS Laman adalah pendapatan per seribu
tayang, PPS Laman adalah perkiraan pendapatan per 1000 laman. untuk
menghitungnya rumusnya adalh sebagai berikut : RPM = (Penghasilan
tertaksir/ jumlah tampilan laman) * 1000 jumlah itu dihitung dengan
membagi taksiran penghasilan dengan jumlah tampilan laman, tayangan,
atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000"
6. Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.
Itulah beberapa istilah yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman.
terimakasih
0 Response to "Mengenal Istilah Dalam Laporan Penghasilan Google Adsense "
Post a Comment